27 Oktober 2011

Sudan Selatan yang baru merdeka akan mengubah bahasa sekolah di seluruh negeri menjadi bahasa Inggris tahun ini, melepaskan dekade bahasa Arab yang diterapkan oleh Utara, pemerintah mengumumkan pada hari Rabu kemarin (26/10).
Parlemen negara baru ini tengah melewati RUU Pendidikan Tinggi dan Umum Selasa malam lalu dan memutuskan bahwa semua pendidikan dari tingkat dasar akan diajarkan dalam bahasa Inggris.
"Ini tahun ajaran baru, kami sedang mengajarkan bahasa nasional kami di sekolah-sekolah dan sisanya pada pelajaran matematika atau ilmu pengetahuan, semua dalam bahasa Inggris, tidak ada bahasa Arab. Kita menjadikan bahasa Arab hanya sebagai bahasa subjek," kata Menteri Informasi Barnaba Marial Benjamin kepada wartawan.
"Begitulah dulu, sampai hal itu berubah, sejak 1898. Dan itu hanya berubah pada tahun 1989 ketika mereka menyatakan syariah (hukum Islam) di seluruh negeri", katanya menegaskan.
Pemerintah berharap langkah ini akan menyatukan bangsa yang baru berdiri ini, yang diperkirakan memiliki lebih dari 60 bahasa pribumi, dan juga sejalan dengan sistem pendidikan negara tetangga '.
"Ini juga akan membuat mudah bagi Sudan Selatan membuat silabus dalam konteks silabus Afrika Timur dan di universitas", kata Benjamin.(fq/afp)[eramuslim.com]

0 Comments:

Post a Comment