30 November 2011

Menjelang pemilu, Gereja Koptik Mesir diam-diam mengatakan kepada pengikutnya untuk memilih aliansi partai-partai kiri dan liberal yang disponsori oleh konglomerat Kristen. Langkah yang dilakukan pihak Gereja ini menunjukkan seberapa dalam warga Kristen Mesir khawatir bahwa kelompok Islam akan merebut kekuasaan.
Minoritas Kristen di negara itu berbondong-bondong untuk ke TPS melakukan pemungutan suara pada hari Senin dan Selasa kemarin dalam pemilihan parlemen pertama sejak jatuhnya Hosni Mubarak pada Februari lalu.

Banyak dari mereka mengatakan mereka telah "memilih untuk mata" - referensi untuk Blok Mesir, koalisi yang Gereja tunjuk untuk dipilih. Setiap partai memiliki simbol kampanye sehingga pemilih buta huruf dapat mengidentifikasi pilihan mereka pada surat suara, dan simbol Blok Mesir adalah mata.
Di kantong di mana komunitas Koptik terkonsentrasi, distrik Shubra Kairo, pria dan wanita baik tua serta muda dengan tato salib di pergelangan tangan mereka - sebuah tradisi umum di kalangan Kristen Mesir - berduyun-duyun ke TPS.
Hampir semua menyatakan motivasi umum mereka memberikan hak suara mereka ke TPS adalah: Hentikan kelompok Islamis.
"Kami memberikan suara untuk partai-partai liberal sebagai sarana bertahan hidup," kata Farid George, seorang Kristen di kota selatan Assiut. "Mesir adalah negara kami anak-anak saya dibesarkan di sini dan saya akan mati di sini."
Prospek kemenangan kelompok Islam dalam pemilu Mesir, telah mengkhawatirkan kalangan kristen yang takut bahwa suatu hari hukum Islam yang ketat akan diberlakukan. Pembicaraan untuk meninggalkan Mesir semakin beredar di kalangan warga Kristen sejak jatuhnya Mubarak.
Partai Islam diprediksi menjadi pemenang terbesar dalam pemilihan umum kali ini. Paling menonjol adalah Ikhwanul Muslimin, kekuatan terbaik politik yang terorganisir di Mesir. Kalangan Kristen cukup khawatir dengan Ikhwan, tetapi yang lebih menakutkan lagi bagi mereka adalah Salafi, kelompok yang dianggap ultra-konservatif.
Di bawah pemerintahan Mubarak hampir 30-tahun, warga Kristen - yang sebagian besar milik Gereja Ortodoks Koptik - mengklaim menerima diskriminasi oleh mayoritas Muslim dan merupakan warga kelas dua. Meskipun mereka mengandalkan Mubarak untuk melindungi mereka. Mubarak sendiri tidak sedikit memajukan hak-hak sipil Kristen.
Sekarang dengan Mubarak telah pergi, warga Kristen mengklaim semakin merasa terisolasi.(fq/ap)[eramuslim.com]

0 Comments:

Post a Comment