09 Jun 2011

JAKARTA (Arrahmah.com) – Gadget kini adalah ‘kebutuhan’ yang tak bisa lagi ditinggalkan keberadaannya. Terutama di kotakosmopolitan, gadget seolah menjadi bawaan wajib dalam mendukung mobilitas. Mulai dari pengusaha, pedagang, hingga anak sekolah kini telah ‘akrab’ dengan gadget. Tapi tahukah anda, bahwa gadget ternyata bisa menyebabkan bungkuk?
Akrab dengan gadget kesayangan kini sudah menjadi gaya hidup. Tengoklah saat seseorang menikmati lagu di iPod, mengetik pesan pendek, dan berselancar di ponsel atau bermain di komputer. Kegiatan ini biasa dilakukan dengan khusyuk sembari kepala tertunduk ke arah gadget itu.
Para ahli mengingatkan bahwa tertunduk ke arah gadget bisa berdampak buruk pada tubuh. “Tulang punggung bisa melengkung,”kata Kirsten Lord, seorang terapis di Edinburgh Physiotherapy Centre dalam Daily Mail 6 April 2011 lalu. Ya, bungkuk adalah salah satu ancaman serius bagi pengguna gadget.
Tapi, jangan langsung cemas, karena risiko bungkuk tidak terjadi secara spontan. Namun, kini banyak anak dan kaum muda yang mengidap masalah manusia berumur lanjut ini. Para ahli menyarankan agar badan tetap tegak saat seseorang memanfaatkan gadget.
Tidak hanya itu, ‘sedikit latihan’ untuk mencegah bungkuk. Antara lain, penguatan badan di bagian atas bisa dilakukan dengan latihan gerakan berdiri, disusul dengan gerakan membungkuk. Gerakan lain yang bisa dicoba adalah bent over fly atau gerakan serupa terbang.
Jadi, selama menggunakan gadget jagan lupa untuk selalu ‘memperhatikan’ posisi badan anda. Sehingga kita tetap aman ‘bergadget ria’ tanpa ada efek samping yang akan ‘mengubah’ bentuk tubuh. (TI/rasularasy/arrahmah.com)

0 Comments:

Post a Comment