17 Jun 2011

CANBERRA (Arrahmah.com) - Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriaty, mengatakan bahwa Islam merupakan salah satu agama yang paling cepat berkembang di negaranya dan memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan di Australia.
Pernyataan Moriaty yang dikeluarkan dalam kesempatan perjalanan dari tiga tokoh muda Muslim di Indonesia ke Australia Rabu malam (15/6/2011) bahwa Islam memasuki negeri itu pada abad keenam belas, sebelum Eropa masuk, melalui para pedagang dan pelaut Muslim yang bergaul dengan penduduk yang tinggal di bagian utara Australia.
Dia mengatakan dalam pernyataan tersebut bahwa Indonesia merupakan salah satu dari 70 etnis yang tinggal dan membuat Australia menjadi negara yang memiliki keberagaman yang tinggi, sebagaimana Indonesia.
Dia meminta agar para pemuda Muslim Indonesia dalam menjadi corong dalam memahamkan masyarakat mengenai peran agama dalam sejumlah isu di Indonesia.
Ketiga orang perwakilan pemuda muslim Indonesia itu akan berkunjung ke sejumlah kota meliputi Melbourne, Sydney, dan Canberra untuk melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat dan perwakilan agama, akademisi, dan media. Mereka pun dilaporkan akan berbagi pengalaman dari dari keragaman masyarakat serta metode LSM pemerintahan atau non-pemerintah, juga bertukar pikiran tentang masa depan hubungan antara Australia dan Indonesia.
Kunjungan delegasi Indonesia ke Australia ini dilakukan dalam bingkai program pertukaran pemuda Islam dari kedua negara dengan tujuan mempelajari keberagaman masyarakat, demokratisasi, dan toleransi. (althaf/arrahmah.com)

0 Comments:

Post a Comment