13 Jun 2011

Erdogan Menang Pemilu Turki

Partai berkuasa Turki AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) yang dipimpin Perdana Menteri Recep Tayyib Erdogan, menurut kabar memenangkan pemilu, dan memperoleh dukungan 53 persen suara.
Ini berarti dengan dukungan 53 suara atau memenangkan 331 kursi parlemen. Meskipun, penghitungan masih berjalan, dan baru mencapai 50 persen, ujar wartawan CNN Turki.
Dengan kemenangan besar ini, Erdogan dipastikan akan kembali tampil memimpin negeri itu, dan akan mengelola Turki tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya. Erdogan dapat merealisasikan visi masa depan bagi negera Turki, penghitungan hari Minggu, itu belum final, dan mungkin AKP akan masih mendapatkan tambahan suara lagi.
Partai AKP akan melanjutkan perubahan besar di Turki dengan melakukan perubahan konstitusi Turki, yang bersifat menyeluruh yang sesuai dengan visi dan gagasan yang akan menjadi kebaijakan strategis partai itu. Tetapi, dengan perolehan suara 331 kursi di parlemen,  AKP masih membutuhkan suara tambahan, setidaknya dua pertiga suara 367 kursi untuk dapat mengubah konstitusi Turki.
Sementara saingannya, Partai kiri tengah CHP mendapatkan suara 23,6 persen, sedangkan nasionalis MHP adalah pada 13 persen, melebihi ambang 10 persen yang diperlukan bagi partai-partai untuk memasuki parlemen, kata wartawanCNN. (mh/wb)

0 Comments:

Post a Comment