31 Mac 2011

Kubu Sekuler Mesir Siapkan Diri Hadapi Kelompok Islam dalam Pemilu Mendatang [eramuslim.com]

Kelompok-kelompok sekuler di Alexandria tengah menggalang kekuatan untuk menghadapi dominasi Islam di kota pesisir tersebut menjelang pemilihan umum parlemen yang dijadwalkan berlangsung pada bulan September mendatang.
Pada hari Kamis ini (31/3), Partai Wafd akan menjadi tuan rumah bagi semua partai sekuler dan kelompok oposisi dalam upaya untuk membentuk koalisi dan mengembangkan strategi untuk bersaing dengan Ikhwanul Muslimin maupun Salafi.
"Kami sudah sepakat pada beberapa poin utama seperti mengesampingkan perbedaan ideologis karena kami semua setuju pada sekularisme negara, dan tidak menyerahkan revolusi ke pasukan dogmatis. Kami memikirkan rencana untuk tidak memiliki dua calon dari blok sekuler di konstituensi yang sama sehingga mereka tidak bersaing satu sama lain," kata Rashad Abdel-Al, seorang juru bicara Partai Wafd di Alexandria.
Sementara itu, tantangan utama bagi kelompok-kelompok sekuler adalah bangkitnya tren Islam di Alexandria, terutama dengan jamaah Ikhwanul Muslimin dan kelompok manifestasi dari gerakan Salafi.
Alexandria adalah kota kedua Mesir terbesar dengan populasi 4,1 juta. Dalam dua pemilu parlemen terakhir pada tahun 2005 dan 2010, Alexandria menjadi salah satu battlegrounds utama kampanye Partai Demokratik Nasional untuk menyapu pemilihan dari wilayah itu.
Di tengah adanya dugaan kecurangan pemilu oleh rezim Mubarak, Ikhwan gagal untuk mengumpulkan salah satu kursi dari 22 kursi yang tersedia dari kota tersebut.
Pada pemilu 2005, Ikhwan memenangkan delapan kursi, membuat Alexandria menjadi kubu ketiga parlemen yang paling berpengaruh setelah Governorat Delta Gharbiya, di mana Ikhwan mendapat sepuluh kursi, dan Kairo, di mana mendapatkan sembilan kursi.
Untuk beberapa pemimpin politik, mengalahkan dominasi masa lalu dari Ikhwan di atas kota pesisir Alexandria adalah indikator kemenangan telak dalam pemilihan umum mendatang.
"Setiap titik awal untuk berpikir tentang pemilihan parlemen berikutnya harus diingat bahwa hasil referendum terakhir di amandemen konstitusi terjadi Alexandria," kata Ghazi al-Sayed, kepala kantor Partai Tagammu berhaluan kiri yang ada di Alexandria.
Alexandria memiliki jumlah pemilih tertinggi setiap saat selama referendum tanggal 19 Maret lalu dengan sekitar 1,5 juta suara yang memutuskan apakah menerima atau menolak perubahan konstitusi. Dengan hasil hanya 32 persen menentang perubahan, Alexandria juga memiliki persentase tertinggi keempat untuk pemilihan opsi "tidak" dalam referendum.
"Angka-angka ini hanya memberikan kita indikator bahwa meskipun kampanye berat dirusak dengan propaganda keagamaan oleh Ikhwan dan kelompok-kelompok Salafi untuk meyakinkan orang untuk kembali referendum, sepertiga dari pemilih berkata 'tidak'," kata Ghazi. "Jangan melebih-lebihkan kekuatan Ikhwanul Muslimin di Alexandria."
Ikhwan dan Salafi mengadakan kampanye untuk meyakinkan masyarakat untuk memilih opsi perubahan konstitusi, mungkin karena Ikhwan menginginkan adanya pemilihan umum lebih awal, di mana mereka dianggap sebagai pesaing yang paling siap untuk ikut pemilu.
"Sepertiga dari pemilih mengatakan "tidak" bukan jumlah yang kecil. Jumlah ini menyoroti kekuatan partai sekuler di kota itu yang dapat diterjemahkan dengan mudah ke parlemen," kata Abdel-Al.
Abdel-Al berpendapat bahwa kekuatan sekuler, yang terdiri dari partai-partai lama dan kelompok-kelompok oposisi yang baru, bisa memenangkan setidaknya setengah dari kursi dari Alexandria dan mungkin lebih dalam sistem pemilu mendatang.
Dalam pemilu 2010, Partai Tagammu menerjunkan sepuluh calon di Alexandria, sedangkan Partai Wafd liberal, partai oposisi terbesar dalam hal keanggotaan formal, menerjunkan 13 kandidat tetapi tidak memenangkan kursi.(fq/almasryalyoum)

0 Comments:

Post a Comment