10 Februari 2011

Kamis, 10/02/2011[eramuslim.com]
Dikalangan para demonstran Mesir anti Mubarak saat ini berkembang kekhawatiran bahwa rezim yang berkuasa yang sudah berurat berakar kuat akan mencoba untuk melakukan aksi balas dendam dengan cara yang pernah dilakukan berkali-kali sebelumnya - seperti penculikan,penangkapan dan penyiksaan terhadap tahanan.
Banyak orang di Tahrir Square, pusat unjuk rasa di Kairo, menjadikan Tahrir Square sebagai tempat ajang "rekreasi". They hold mobile telephones aloft, recording video of the panorama. Dengan telepon seluler mereka melakukan perekaman video situasi yang ada di tahrir Square. Para pengunjuk rasa menduga mereka ini adalah polisi yang menyamar yang sengaja mengambil dokumentasi para demonstran.
"Kami telah mendengar tentang aparat keamanan yang berpakaian preman berseliweran di tengah kerumunan massa anti Mubarak," kata Saleh Abdul Aziz, 39 tahun, yang pertama kali bergabung dengan aksi unjuk rasa di lapangan Tahrir pada 28 Januari lalu, hari bentrokan demonstran dengan polisi anti huru-hara.
"Kami berhati-hati terhadap apa yang kami katakan satu sama lain. Dan kami berusaha tidak bicara politik ditengah keramaian orang yang kami tidak kenal."
Selama beberapa dekade, Mesir telah mengalami kebrutalan dan korupsi di tangan polisi, dan membuat rasa ketakutan adalah bagian dari tujuan mereka.
Seorang guru 30-tahun yang telah bertemu dengan pejabat pemerintah untuk membahas reformasi mengatakan salah satu tuntutan utama para demonstran adalah pembatalan undang-undang represif darurat di Mesir, di mana pemerintah telah berjanji untuk mengangkat undang-undang tersebut.
"Ini harus terjadi. Jika tidak kami tidak akan aman. Kami dapat ditangkap kapan saja," kata guru, yang hanya memberikan nama depannya, Heba, karena takut ditangkap pemerintah.
Seorang pekerja Human Rights Watch mengatakan ia mendengar tentang adanya penahanan baru-baru ini yang melibatkan "pelecehan tingkat yang lebih rendah" terhadap orang-orang mendekati Tahrir Square, atau menangkap orang atas dugaan melakukan pelanggaran jam malam malam.
"Ada laporan baru setiap hari," kata aktivis HAM Morayef Heba. "Ini tidak semua target."
Jaringan Arab untuk Hak Asasi Manusia Informasi, sebuah kelompok HAM Mesir, mengatakan seorang blogger Mesir terkemuka telah hilang sejak Minggu malam.
Abdel Kareem Nabil menghilang setelah meninggalkan Tahrir Square, kata Gamal Eid, seorang aktivis kelompok. Nabil dirilis pada November lalu setelah empat tahun di penjara karena tulisan-tulisan yang dianggap menghina Islam dan untuk menyebut Mubarak "simbol tirani."
Eid mengatakan kelompoknya telah mencatat sekitar 40 orang hilang, dan diyakini berada di penahanan polisi, sejak 28 Januari. Dia mengatakan itu bukan daftar yang komprehensif dan kelompoknya masih mengumpulkan data orang yang hilang.(fq/ap)

0 Comments:

Post a Comment