01 Februari 2011


Delapan Fakta Mohamed ElBaradei

Selasa, 01/02/2011 [eramuslim.com]
Mohamed ElBaradei muncul sebagai figur sentral dalam menggulingkan presiden Mesir Hosni Mubarak, yang telah berkuasa sejak tahun 1981.
Berikut adalah beberapa fakta tentang veteran diplomat berumur 68 tahun itu:
1. El-Baradei kembali ke Mesir pada Februari 2010 untuk menyambut para pendukungnya yang berharap ia akan membangkitkan politik Mesir dengan mencalonkan jadi presiden pada  2011. Setelah pensiun sebagai kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), El-Baradei menyatakan akan ikut pemilihan presiden Mesir  2011, namun akan tergantung pada jaminan sebuah pemilu yang adil.
2. El-Baradei menuntut konstitusi Mesir baru yang lebih baik dan menghormati hak asasi manusia.
3. Juni tahun lalu ia meminta pendukungnya untuk mengampanyekan perubahan konstitusi. Sebanyak 3.500 orang Mesir berunjuk rasa di Fayoum, sebelah selatan Kairo, untuk mendukungnya.
4. Pada September 2010 ia mengatakan bahwa kepemimpinan Mesir akan berubah tahun depan dan menyerukan untuk memboikot pemilihan anggota parlemen  November lalu karena mereka akan dicurangi.
5. El-Baradei mengatakan pada hari Kamis bahwa sudah waktunya  Presiden Hosni Mubarak untuk meninggalkan jabatannya.
6. El-Baradei lahir  17 Juni 1942, di Kairo. Ia belajar hukum, lulus dari Universitas Kairo dan New York University School of Law.
7. Dia memulai karirnya dalam dinas diplomatik Mesir pada tahun 1964, bekerja dua kali sebagai utusan tetap Mesir untuk PBB di New York dan Jenewa, yang bertanggung jawab atas masalah pengendalian politik dan hukum.
8. Dari tahun 1974 ia adalah seorang asisten khusus menteri luar negeri Mesir dan merupakan anggota dari tim yang menegosiasikan penyelesaian perdamaian dengan Israel di Camp David pada tahun 1978. Ia bergabung dengan PBB dua tahun kemudian. (sa/reuters)

0 Comments:

Post a Comment