28 Februari 2011

Hillary Clinton: Kami Siap Bantu Kelompok Oposisi Libya

Senin, 28/02/2011[eramuslim.com]
Pemerintahan Obama siap untuk menawarkan "semua jenis bantuan" kepada demonstran Libya anti pemerintah agar Muammar Gaddafi segera turun, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan Minggu kemarin (27/2), menambahkan dirinya telah memberi peringatan kepada negara-negara Afrika lainnya untuk tidak membiarkan tentara bayaran membantu diktator Gaddafi.
Clinton tidak menyebutkan bantuan militer AS dalam sambutannya kepada wartawan sebelum terbang ke Jenewa untuk melakukan pembicaraan dengan diplomat dari Rusia, Uni Eropa dan kekuatan lain yang ingin membuat sebuah front anti-Gaddafi bersatu.
Sesaat sebelum dia pergi, dua senator AS mendesak pemerintah Obama untuk membantu pemerintahan sementara di Libya, di mana Gaddafi berada di tengah-tengah harapan putus asa dan semakin keras untuk mempertahankan kekuasaannya.
Senator John McCain, R-Ariz, dan Joe Lieberman, seorang perwakilan dari Connecticut independen, juga menyerukan agar Amerika Serikat dan sekutunya menerapkan zona larangan terbang di atas Libya untuk mencegah militer kembali menembaki pengunjuk rasa warga sipil dari udara.
Gedung Putih belum berkomentar langsung atas rekomendasi mereka.
Clinton berbicara kepada wartawan satu hari setelah Presiden Barack Obama mencap Gaddafi penguasa yang sudah tidak mendapat legitimasi lagi dan harus meninggalkan kekuasaannya segera.
"Kami ingin dia turun dan kami ingin dia mengakhiri rezimnya dan menyerukan diakhirinya pasukan tentara bayaran dan pasukan yang masih tetap setia kepadanya," katanya menegaskan.
Pada hari Senin ini (28/2), Clinton akan menekan Eropa untuk memberikan sanksi keras kepada pemerintah Libya sebagai sarana menekan Gaddafi dan mencoba membujuk para loyalis yang tersisa untuk meninggalkan rezim Gaddafi, kata pejabat AS pada hari Minggu kemarin (27/2).(fq/ap)

0 Comments:

Post a Comment