23 Disember 2011

Seorang analis pertahanan terkemuka AS menggambarkan perang Irak sebagai "kesalahan terbesar" dalam sejarah militer AS pada saat bagian terakhir pasukan Amerika keluar dari Baghdad.
Perang Irak dan pendudukan berikutnya akhirnya dapat dianggap sebagai kesalahan bahkan lebih besar dari perang Vietnam, kata sebuah artikel yang ditulis oleh analis industri pertahanan Loren Thompson, yang diterbitkan oleh Forbes. Ia juga mengatakan perang telah gagal mengumpulkan dukungan domestik, yang menyebabkan "kekalahan mencolok" dari strategi Amerika di negara itu.

Mengacu pada tuduhan palsu Barat bahwa Baghdad memiliki senjata pemusnah massal (WMD) sebagai alasan untuk perang, artikel mengatakan bahwa tidak ada WMD dan hal tersebut hanyalah ilusi.
"Kami segera menetapkan bahwa alasan lain untuk pergi berperang di Irak, sebagian besar adalah imajiner," kata Thompson.
Thompson menambahkan bahwa pasukan Amerika meninggalkan Irak tidak akan pergi jauh dari negara tetangga Kuwait.
Dia menunjukkan bahwa Washington kemungkinan besar akan tetap menjaga kehadiran militer yang luas di kawasan itu untuk memastikan bahwa Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki memiliki kemampuan untuk mengendalikan banyak faksi politik Irak.
Thompson mengatakan Pentagon telah menghabiskan ratusan miliar dolar pada teknologi baru, pelatihan dan taktik untuk memerangi pemberontakan. Namun, pemberontak di Irak, katanya, berhasil dalam mendorong mesin besar militer Amerika ke ambang kekalahan.(fq/prtv)[eramuslim.com]

0 Comments:

Post a Comment