20 Oktober 2010

Sacred Heart, Sekolah Katolik yang Bakal Jadi Sekolah Islam

Rabu, 20/10/2010 17:35 WIB | email | print | share
Sekolah Dasar Katolik Sacred Heart di Blackburn di Inggris bakal menjadi sekolah Katolik pertama yang akan menjadi sekolah Islam, jika komunitas Muslim di kota jadi membeli sekolah tersebut. Pihak sekolah berencana menutup sekolah karena jumlah siswa muslim di sekolah tersebut lebih banyak dari siswa beragama Katolik.
Sepuluh tahun yang lalu, 9 dari 10 siswa di sekolah itu beragama Katolik. Tapi angka itu menurun tajam, sampai tahun ini cuma 4 dari 10 siswa yang beraga Katolik, selebihnya muslim. Sebagai sekolah Katolik, kepala sekolah Sacret Heart seharusnya beragama Katolik dan 10 persen mata pelajaran adalah pelajaran berbasis ajaran Katolik. Tapi karena lebih banyak siswa muslim, situasinya berubah. Keuskupan Blackburn mengakui bahwa sekolah yang mereka kelola itu kini tidak lagi "melayani kebutuhan" masyarakat.
Berdasarkan hukum setempat, Dewan Kota Blackburn harus mencari pihak lain yang akan mengelola sekolah tersebut, jika keuskupan Katolik tidak lagi mengelolanya. Peluang ini dilirik komunitas Muslim di Blackburn. Masjid Tauheedul Islam di kota itu adalah salah satu pihak yang menyatakan berminat mengambil alih pengelolaan Sacred Heart, meski saat ini masjid tersebut sudah memiliki sebuah sekolah khusus untuk anak perempuan.
Kepala Sekolah Menengah Putri Tauheedul Islam Hamid Patel mengatakan, "Mengingat mayoritas siswa sekolah Sacred Heart adalah muslim, masuk akal jika kami berminat mengelola sekolah itu."
"Kami masih mencari informasi lebih jauh, apa yang diinginkan oleh otoritas lokal. Tapi komunitas muslim dan pihak sekolah menginginkan kami untuk melibatkan diri dalam masalah ini, dan tentu saja kami berminat pada sekolah itu," sambung Patel.
Populasi Muslim di Inggris meningkat tajam sekitar 2,5 juta orang antara tahun 2004-2008. Saat ini cuma ada 11 sekolah Islam yang dibiayai pemerintah di seluruh Inggris. Komunitas Muslim masih membutuhkan lebih banyak lagi sekolah-sekolah Islam. (ln/tel)
Tawan’ bangunan Umno simbolik tawan Putrajaya
Salmah Mat Husain   
KOTA BHARU, 20 Okt: Dengan ‘tertawan’nya bangunan Umno Bahagian Kota Bharu yang kini menjadi hak milik Dewan Pemuda PAS Kelantan, diharap ia menjadi simbolik untuk ‘menawan’ Putrajaya nanti.
Mursyidul Am PAS, Tuan Guru Datuk Nik Abdul Aziz Nik Mat, berkata sekiranya bangunan milik Umno Bahagian Kota Bharu itu dapat ‘ditawan’ Pemuda PAS semoga ianya dijadikan perangsang untuk menawan negara pada pilihan raya umum akan datang.
Beliau berkata demikian kepada media selepas merasmikan bangunan baru Dewan Pemuda PAS yang bernilai RM4.5 juta, pagi tadi.
Katanya, kejayaan itu hasil kemenangan perjuangan yang didokong semua pihak khususnya golongan pemuda dalam menggalas tanggungjawab menyebarkan dakwah Islam.
“Kalau kita dapat menawan Kota Bharu sebagai ibu negeri Kelantan, diharap pada masa akan datang kita dapat menawan Putrajaya,” ujarnya.
Majlis perasmian bangunan yang dinamakan Asy-Syabab Point itu berlangsung  dengan penuh gilang gemilang apabila Tuan Guru diarak ke pejabat berkenaan dari JKR 10 dengan menaiki motosikal yang diiringi 20 orang pemuda.
Tarikh 20 Oktober dipilih tarikh perasmian dan 20 orang pemuda mengiringi Tuan Guru menaiki motosikal klasik diketuai Setiausaha Dewan Pemuda PAS negeri, Hafiz Musa sebagai simbolik sempena 20 tahun pentadbiran kerajaan negeri di bawah kepimpinan beliau.
Ketua Pemuda PAS negeri, Ustaz Abdul Latif Abdul Rahman, pada sidang media berkata dana pembelian bangunan tersebut diperolehi dari sumbangan orang ramai.
Katanya, ianya telah dikumpul menerusi empat kepimpinan Dewan Pemuda bermula Datuk Takiyuddin Hassan lagi.
“Namun yang lebih penting kita juga turut membuat pinjaman bank,” ujarnya.

0 Comments:

Post a Comment