08 Januari 2011


Penyair Terkenal Mesir Galang Aksi Tolak Kolom Agama di KTP Nasional

Perwakilan dari berbagai gerakan politik Mesir telah sepakat untuk meluncurkan kampanye yang bertujuan mengumpulkan satu juta tanda tangan untuk mendukung penghapusan sebutan agama pada kartu identifikasi nasional Mesir.
Ide ini pertama kali diusulkan oleh penyair terkenal Mesir Ahmed Fouad Negm dalam sebuah surat baru-baru ini yang ia sampaikan kepada Presiden Hosni Mubarak.
Dalam suratnya, Negm juga mendesak Presiden untuk mempercepat undang-undang baru yang mengatur pembangunan gereja dan masjid dalam upaya untuk mencegah kerusuhan sektarian dan diskriminasi agama.
"Kami sekarang dalam proses pemilihan area di mana kami akan meluncurkan kampanye," kata koordinator "Gerakan Oposisi 6 April", Ahmed Maher.
Asosiasi Nasional untuk Perubahan (NAC) anggota George Isac, sementara itu, mengatakan bahwa ide Negm "datang pada waktu yang tepat," mengacu pada peristiwa pengeboman pada malam tahun baru di sebuah gereja di Alexandria.
"Kami berharap bahwa semua gerakan oposisi mendukung ke kampanye ini," tambahnya.
Koordinator NAC Abdel Gelil Mostafa, pada bagiannya menyatakan kecemasan bahwa rezim yang berkuasa mungkin berusaha untuk menggagalkan inisiatif mereka ini.(fq/almasryalyoum)
Jumat, 07/01/2011 [eramuslim.com]

0 Comments:

Post a Comment