15 Disember 2014

Siapa yang tak mengenal bumbu masakan yang satu ini? Tanpa bawang merah, masakan terasa hambar. Bawang merah merupakan salah satu bahan penting dalam dunia kuliner. Tapi siapa sangka bahwa dalam setiap lapis bawang merah ini ternyata memiliki khasiat yang mengagumkan untuk kesihatan. Berikut beberapa khasiat bawang merah untuk kesihatan tubuh:

1. Anti virus, bakteria dan baik untuk diabetes

Bawang merah mengandung anti-oksidan, mineral, vitamin. Bawang merah juga memiliki sifat anti-virus, anti-bakteria, dan anti-jamur. Bawang merah menjadi ubat yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Mengurangi kolesterol

Allicin dalam bawang merah dapat berguna untuk mengurangi produksi kolesterol. Allicin dalam bawang merah sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang merah rendah kalori dan banyak nutrisi. Jika Anda sedang diet, Anda dapat menambahkan bawang merah untuk menikmati rasa lazatnya makanan, tanpa menumpuk kalori.

3. Mengatasi cacingan

Bawang merah sangat baik bagi pencernaan serta mengatasi sembelit. Bawang merah efektif pula dalam menyembuhkan cacingan dan mengubati sakit perut.

4. Mencegah kanser


Bawang merah segar segar mengandung vitamin A, yang merupakan antioksidan efektif mengurangi resiko kanser rongga mulut dan mencegah perkembangannya. Bawang merah sangat membantu dalam mencegah kanser hati dan menghancurkan sel-sel kanser.

5. Mengatasi sengatan serangga

Untuk mengubati sengatan serangga, gosok daerah yang terkena dengan bawang merah yang dihaluskan untuk meredakan rasa sakit. Bawang merah mengatasi gigitan nyamuk, sengatan lebah atau tawon.

6. Baik untuk kekebalan tubuh

Campur jus bawang merah dengan madu dan minum satu sudu teh campuran ini tiga kali sehari. Ini efektif mengatasi bronkitis, influenza, pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Termasuk membantu mencairkan kahak.

7. Menghilangkan racun

Goreng empat potong irisan bawang merah. Makan selama 14 hari untuk membantu hati dalam menghilangkan racun dari tubuh.

8. Baik untuk kesehatan gigi

Mengunyah bawang merah selama 3 menit setiap hari di pagi hari akan menghancurkan bakteria pada gigi Anda.

9. Baik untuk rambut dan ubat memar

Gosok jus bawang merah setiap hari pada kulit kepala Anda untuk membantu pertumbuhan rambut dan mengatasi ketombe. Anda juga dapat menggunakan bawang merah untuk memar. Jika punya problem bisul, minumlah jus bawang merah dicampur atau wortel.

10. Memperlambat nyanyuk

Selain membantu fungsi kerja otak dan efektif bagi penderita alzheimer, bawang merah juga dapat mengurangi resiko osteoporosis hingga 20 persen, sekaligus membantu agar kulit tetap cantik.

11. Baik bagi penglihatan

Jus bawang merah meningkatkan daya penglihatan. Bawang merah kaya akan sulfur, sistein, dan lesitin yang melindungi mata Anda dari pembentukan katarak.

Sumber: /www.stylecraze.com (Arrahmah.com)


0 Comments:

Post a Comment