26 Disember 2014

5 Cara mengatasi ketagih media sosial

PERNAHKAH Anda menghitung berapa lama Anda membuka media sosial? Beberapa media sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya tidak terasa telah merampas waktu Anda. Yang tadinya membuka laptop untuk mencari bahan tugas, terabaikan ketika membuka media sosial.

Membuka media sosial tidak terlalu mengganggu apabila yang kita buka adalah hal-hal yang bermanfaat yang mampu menambah wawasan Anda. Tapi bagaimana jika berjam-jam lamanya Anda membuka media sosial dengan tidak bermanfaat? Parahnya Anda tidak mampu menghentikan kebiasaan tersebut, seperti telah ketagih media sosial. Nah berikut ini ada tips-tips yang menghidarkan Anda dari ketagih media sosial.....


1. Batasi waktu penggunaan

Jika Anda sudah merasa terbius dan merasa ada yang kurang saat tidak menggunakan media sosial, ada baiknya Anda mengurangi porsi bermain media sosial Anda dalam sehari. Misalnya saja sebelumnya full 24 jam buka media sosial, sekarang Anda pangkas menjadi 1 jam atau 2 jam saja membuka dan bermain media sosial.

2. Renungi apa manfaatnya

Jika memang Anda merasa sudah begitu ketagih, sekarang coba Anda fikirkan lagi, sebenarnya apa manfaat positif ketika Anda bermain media sosial seharian penuh. Apakah hanya untuk mendapatkan gelar “tetap eksis” di media sosial? atau alasan lainnya? cuba renungkan lagi.

3. Sibukkan diri Anda

Untuk mampu mengurangi rasa ketagih dari media sosial, Anda boleh mencuba menyibukkan diri Anda. Mungkin sebelumnya Anda menggunakan waktu senggang Anda hanya untuk membuka media sosial. Kenapa tidak mencoba memanfaatkan waktu luang untuk berolahraga atau menyiram bunga? itu misalnya saja. Intinya, sibukkan diri Anda, maka Anda akan mampu mengurangkan rasa ketagih Anda terhadap media sosial.

4. Mematikan koneksi internet

Entah itu laptop atau handphone, jika ada koneksi internetnya, seringklai begitu menggoda dan memancing Anda untuk bermain internet, browsing, download dan tentu saja bermain media sosial. Untuk mencegah Anda teringat dan terpancing membuka media sosial, secara ekstrim Anda boleh mencuba mematikan dulu koneksi internet Anda jika memang hal itu memungkinkan.

5. Tidak usah terus memegang handphone

Salah satu alat mungil dan canggih saat ini adalah smartphone. Handphone merupakan salah satu alat yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mengakses internet, termasuk membuka media sosial dimanapun dia berada. Hal inilah yang memicu rasa ketagih. Anda mampu meminimalkan rasa ketagihan media sosial Anda dengan tidak terus menerus memegang handphone Anda. Anda boleh memasukkannya di tas atau cara lainnya.

Yang paling penting adalah, cuba kita bandingkan berapa lama kita berinteraksi dengan media sosial, dan berapa lama kita berinteraksi dengan Al-Quran? Semoga tidak terjadi ketidakseimbangan waktu antara keduanya. Setidaknya luangkan waktu jangan hanya untuk membuka media sosial lalu update status, tapi bukalah Al Quran lalu update pengetahun kita dengan mengaji isi kandungannya. copypaste

0 Comments:

Post a Comment