06 November 2015

GEMAR menolong akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Demikian menurut kajian yang dilakukan di University of California Los Angles (UCLA) dan University of North Carolina.

Merujuk para peneliti, orang yang suka menolong memiliki tingkat kesejahteraan eudaimonik yang tinggi. Hal ini terlihat dari profil ekspresi gen yang positif dalam sel-sel imun mereka, di antaranya ekspresi gen peradangan yang rendah serta gen antibodi dan antiviral yang kuat.

Sebaliknya, individu yang tingkat kesejahteraan hedonisnya tinggi, atau kebahagiaan yang berasal dari konsumsi barang-barang tertentu dan kepuasan diri sendiri (self-gratification), menunjukkan kondisi sebaliknya. Ekspresi gen peradangannya tinggi, gen antibodi dan antiviralnya juga lemah.

Bukan berarti orang-orang yang mengalami kesejahteraan hedonis itu kesihatannya lebih buruk daripada orang yang memiliki kesejahteraan eudaimonik yang tinggi. Keduanya terlihat memiliki emosi positif yang sama tingginya. Kendati begitu, genome mereka memberikan respons yang begitu berbeda walaupun kondisi emosionalnya sama-sama positif,’’ kata profesor kedokteran dari UCLA, Steven Cole, seperti dilansir laman Daily Mail baru-baru ini.....


Menurut peneliti, berbuat baik kepada orang lain dan bahagia dengan kondisi diri sendiri (feeling good), ternyata memberikan efek yang sama sekali berbeda terhadap genome/DNA manusia, meski kadar emosi positifnya sama.

‘’Tanpa diduga, genome manusia justru jauh lebih sensitif dalam merespons perbedaan cara orang untuk mencapai kebahagiaannya dibandingkan pikirannya sendiri,’’ ungkap profesor Cole.

Untuk memperoleh kesimpulan itu, Steven Cole (profesor kedokteran dari UCLA) dan Barbara L Fredrickson (University of North Carolina) membutuhkan waktu 10 tahun untuk mengamati, bagaimana gen manusia merespons kondisi mental yang positif. Sebelumnya kebanyakan pakar lebih banyak mengamati respons gen manusia terhadap rasa takut, stres, penderitaan, dan kondisi mental negatif lainnya.

Keduanya mempelajari dampak biologis dari kesejahteraan eudaimonik dan kesejahteraan hedonis, dengan mengambil sampel darah dari 80 orang dewasa sehat, yang telah dimintai keterangan tentang kesejahteraan eudaimonik dan kesejahteraan hedonisnya. Begitu juga dengan psikologi negatif dan faktor perilaku mereka. Kemudian peneliti menggunakan profil ekspresi gen partisipan untuk memetakan perbedaan potensi efek biologis antara kesejahteraan eudaimonik dan kesejahteraan hedonis.

Hasilnya, partisipan yang mengalami kesejahteraan eudaimonik, menunjukkan profil ekspresi gen yang positif di dalam sel-sel imunnya, dan partisipan yang merasakan kesejahteraan hedonis memperlihatkan profil sebaliknya.*http://www.hidayatullah.com

0 Comments:

Post a Comment