10 September 2015

WARNA-warni Phytonutrient yang terdapat pada buah dan sayur memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh manusia, yang kerap tidak boleh digantikan dengan makanan lainnya.

“Buah dan sayur memiliki ciri khas, yaitu tinggi serat, mengandung banyak air dan juga phytonutrient. Phyto berarti tumbuhan dan nutrient itu gizi,” kata Behaviour Scientist for Health Lifestyle dr. Grace Judio Kahl di Jakarta, Khamis (10/9/2015).

Warna merah pada tomato dan tembikai mengandung phytonutrient utama berupa Lycopene yang berfungsi mengurangi risiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan tumor, mengurangi kadar kolesterol dan regenerasi sendi pada arthritis.....lagi


Kemudian, warna kuning pada lemon, pir, dan nanas mengandung phytonutrient utama berupa beta-cryptothanxin yang berfungsi membantu komunikasi sel, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko katarak dan mengurangi risiko degenerasi retina.

Selanjutnya, warna orange pada wortel, labu, dan pepaya, mengandung phytonutrient utama berupa beta-karoten yang berfungsi mengurangi degenerasi macula retina, mengurangi risiko penyakit prostat, serta memperbaiki kolesterol dan tensi darah.

“Selain itu juga mampu meregenerasi kolagen sendi, memperbaiki kerusakan DNA dan membantu metabolisme kalsium dan magnesium,” ujar Grace.

Sedangkan, warna hijau pada kangkung dan bayam, mengandung phytonutrient utama berupa chlorophyl dan lutein yang berfungsi mengurangi risiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi pertumbuhan tumor.

“Warna hijau juga mampu mengurangi kadar kolesterol dan regenerasi kulit,” kata Grace.

Terakhir, warna biru dan ungu pada anggur, blueberry dan terong mengandung phytonutrient utama berupa resveratol yang berfungsi antioksidan kuat, mengurangi risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler.

“Buah-buahan berwarna ungu juga berfungsi meningkatkan memori dan memperlambat proses penuaan,” ujar Grace, Sumber SINI.*

0 Comments:

Post a Comment