04 Jun 2015

NEW YORK ..Mark Zuckerberg  Orang Yahudi dan juga salah seorang jutawan yang terbilang sukses ini terkesima dengan salah seorang ulama Islam dan juga ahli Sosiologi Muslim. Menurutnya, ia adalah sosok manusia yang di dalam sejarah sebagai intelektual sukses. Yahudi ini juga kagum dengannya kerana di tangannya masyarakat dan budaya tercipta dengan indah. Termasuk pula dengan sistem politik, perdagangan, dan juga ilmu pengetahuan.
"Ini adalah sejarah dunia, ditulis oleh seorang intelektual yang tinggal pada 1300-an. Buku ini berfokus pada bagaimana masyarakat dan budaya tercipta, termasuk penciptaan kota, politik, perdagangan dan ilmu pengetahuan" tulis Mark Zuckerberg seperti disiar Al Arabiya, Selasa (02/06/2015)
Pendiri Facebook ini juga mengatakan bahwa buku yang dibacanya, yang berjudul Muqaddimah adalah buku untuk tahun ini. "Buku saya berikutnya untuk Tahun Ini adalah Muqaddimah oleh Ibnu Khaldun,” katanya.

Ketertarikannya akan buku karangan Ibnu Khaldun ia bagikan ke dunia maya. Ia posting di Facebook pada hari Isnin.
Ibnu Khaldun merupakan sosok terkenal dalam khazanah intelektual Islam. Buku Muqaddimah ditulis pada tahun 1377 dan tercatat sebagai pandangan awal sejarah yang universal. Ibnu Khaldun dianggap dunia sebagai salah seorang pendiri sosiologi modern, historiografi dan ekonomi.
Ibnu Khaldun adalah seorang sejarawan muslim dari Tunisia. Lahir 27 Mei 1332, dan meninggal tanggal 19 March 1406 pada usia 73 tahun. (voa-islam.com)

0 Comments:

Post a Comment