27 Januari 2015

MENGAKSES intenet merupakan suatu keperluan bagi masyarakat kini. Tapi tahukah anda bagaimana dan apa faktor kecepatan internet itu.? Koneksi internet menggunakan banyak perangkat dari penyedia layanan yang berbeza. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah:

1. Unit Komputer
Komputer sangat berperanan dalam kecepatan akses internet kerana di dalam komputer ada harddisk, RAM, dan Processor yang berperanan penting pada proses kerja komputer tersebut.

Bila hardisk yang dipakai berkecepatan rendah maka kecepatan akses internet pun juga rendah, begitu juga bila menggunakan RAM atau Processor yang kecepatannya rendah, ini sangat mempengaruhi kecepatan akses internet.

2. Modem....lagi

Modem juga sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. Modem mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Modem yang sering digunakan adalah modem yang berkecepatan 56 kbps.

3. Jaringan Komunikasi yang digunakan untuk Akses Internet.
Untuk mengakses internet kita boleh menggunakan layanan line telephone, CDMA, GPRS, dan satelit. Masing-masing layanan tersebut mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan yang 4.

4. Besar Bandwidth
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka semakin cepat pula akses internetnya.

5. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
Kecepatan akses internet pada jam-jam tertentu biasanya sangat lambat, ini dikeranakan banyaknya pengguna internet yang mengakses internet secara bersamaan.

Pada jam 08.00 – 12.00  biasanya jaringan internet sedang sibuk-sibuknya. Untuk itu bila tidak mendesak lebih baik mengakses internet diluar jam tersebut.[aldi/ven/IP]

0 Comments:

Post a Comment