13 Oktober 2014

Awas..Bahaya Kertas Kepada Kesihatan Anda

SEKARANG ini banyak dikalangan manusia yang menggunakan kertas. Bahkan mungkin, kini sangat sulit untuk kita lepas dari penggunaan kertas. Kerana biasanya, segala sesuatu yang bersangkutan dengan ilmu, perlu adanya kertas. Baik itu kertas yang telah menjadi suatu buku bacaan, maupun kertas yang berbentuk buku tulis.
Kertas merupakan salah satu produk dari kecanggihan teknologi di masa sekarang ini. Berbagai jenis kertas telah dibuat. Dan dengan warna yang berbeda-beda pula. Tapi, tahukah Anda, bahwa kertas juga memiliki dampak yang buruk bagi alam.
Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa.?......

Industri kertas merupakan salah satu jenis industri terbesar di dunia dengan menghasilkan 178 juta ton pulp, 278 juta ton kertas dan karton, dan menghabiskan 670 juta ton kayu. Pertumbuhannya dalam dekad berikutnya diperkirakan antara 2% hingga 3.5% per tahun, sehingga membutuhkan kenaikan kayu log yang dihasilkan dari lahan hutan seluas 1 sampai 2 juta hektar setiap tahun.
Dalam proses produksinya, industri pulp and paper membutuh-kan air dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini dapat mengancam ke-lestarian habitat di sekitarnya kerana mengurangi tingkat ketersediaan air bagi kehidupan hewan air dan merubah suhu air. Pulp dibuat secara mekanikal maupun kimia dengan memisahkan serat kayu atau selulosa dari bahan lain.
Dalam proses kraft pulping, larutan campuran antara sodium hidroksida dan sodium sulfida digunakan untuk melarutkan bahan tidak berserat. Pulp kemudian diputihkan untuk menghasilkan kertas yang putih. Beberapa bahan kimia digunakan dalam proses pemutihan (bleaching) antara lain gas klorin, sodium hidroksida, kalsium hipoklorit, klorin dioksida, hidrogen peroksida dan sodium peroksida. Setelah penambahan filter dan pewarna, bubur kertas dibuat menjadi kertas.
Limbah cair industri pulp and paper tersebar ke seluruh ekosistem di sekitarnya. Dalam penyelidikan laboratorium, air limbah industri kertas menyebabkan penyimpangan reproduktif pada zooplankton dan invertebrata yang merupakan makanan untuk ikan serta kerusakan genetik dan reaksi sistem kekebalan tubuh pada ikan. Hal ini menyebabkan penurunan keanekaragaman hidupan sungai dan berkurangnya sumber keperluan haiwani masyarakat di sekitar sungai.
Sebahagian besar industri kertas menggunakan pemutih yang mengandung klorin. Klorin akan bereaksi dengan senyawa organik dalam kayu membentuk senyawa toksik seperti dioksin. Dioksin ditemukan dalam proses pembuatan kertas, air limbah (efluen), bahkan di dalam produk kertas yang dihasilkan.
sumber copypaste

0 Comments:

Post a Comment