28 Februari 2016

ORANG yang kelebihan berat badan memiliki ingatan lebih lemah dibandingkan teman-teman mereka yang lebih kurus, ungkap satu kajian.

Tes yang dilakukan terhadap 50 orang menunjukkan bahawa kelebihan berat badan terkait dengan buruknya “memori episodik” atau kemampuan untuk mengingat pengalaman masa lalu.

Kajian yang dimuat Quarterly Journal of Experimental Psychology itu menyebutkan, ingatan yang samar tentang makan yang terakhir diambil, boleh membuat orang makan berlebihan.

Akan tetapi, aspek lain dari memori –seperti pengetahuan umum– tidak terpengaruh....


Percobaan terbaru menilik memori episodik –ibarat pita video dalam pikiran kita– yang mengingat bau secangkir kopi atau perasaan dalam memegang tangan seseorang.

Lima puluh orang dengan Indeks Masa Tubuh (Body Mass Index BMI) mulai dari 18 (sehat) ke 51 (sangat gemuk) mengambil bahagian dalam tes memori.

Mereka harus “menyembunyikan” benda di waktu yang berbeda-beda dan pada adegan berbeda yang ditampilkan di layar komputer.

Mereka kemudian harus mengatakan apa yang telah mereka sembunyikan, bila dan di mana.

Hasil tes menunjukkan, orang gemuk mencatat angka 15% lebih rendah dibanding orang kurus.

Dr Lucy Cheke, dari University of Cambridge, mengatakan kepada BBC News, yang disiarkan Sabtu (27/2/2016): “Kesimpulan kami adalah, makin tingginya BMI terkait dengan mengurangnya ketajaman ingatan, tapi ini tak mengarah pada ingatan kosong atau amnesia.

“Namun jika ingatan orang tak begitu tajam tentang apa yang dimakan terakhir, boleh mengakibatkan berkurangnya kemampuan untuk mengatur berapa banyak yang akan dimakan nantinya.”

Hormon yang mengatur rasa lapar memainkan peran penting dalam apa yang kita makan, namun diakui bahawa fikiran kita pun memainkan peranan kunci pula.

Orang yang menonton televisen sambil makan, cenderung makan lebih banyak, dan lapar lebih cepat nantinya.

Dr Cheke menyimpulkan: “terlalu awal untuk merumuskan lebih pasti, namun jelaslah kita mulai mendapat gambaran tentang suatu mekanisme obesiti.”*hidcom

0 Comments:

Post a Comment