20 Februari 2021

9 Khasiat Ginseng Jawa

Pokok Ginseng Jawa yang saya tanam di sekitar rumah saya




1. Mengenal Ginseng Jawa 

Ginseng jawa pun dikenal dengan nama lain yakni Flameflower, Jewels of Opar, tu ren shen dan som jawa. Sumber: worldofsucculents.com

Kolesom jawa, som jawa atau ginseng jawa (Talinum paniculatum) adalah spesis tanaman berbunga dari genus Talinum. Ginseng jawa berasal dari bahagian selatan Amerika Syarikat, Amerika Latin (seperti Paraguay dan Uruguay) dan Kepulauan Karibia. Tumbuhan ini juga telah ditemukan di Afrika dan Asia.

Ginseng jawa pun dikenal dengan nama lain yakni Flameflower, Jewels of Opar, tu ren shen dan di Jawa dikenal dengan nama som jawa. Tanaman ginseng jawa boleh dijadikan tanaman hiasan dan tanaman ubat, sekalipun seringkali juga merupakan tanaman liar. Dilihat dari khasiat utamanya, ginseng jawa diolah sebagai ubat penambah stamina.

Manfaat saponin dalam Ginseng Jawa antara lain sebagai berikut:

    Menghambat pertumbuhan sel kanser

    Mengikat kolesterol dan bersifat antibiotik

    Memiliki daya anti inflamasi yang kuat

    Memperbaiki fungsi hati

    Memiliki aktiviti antifungi dan pertahanan terhadap serangan mikroba patogen

2. Kandungan Ginseng Jawa

Secara umum, tanaman ginseng jawa memiliki kandungan zat kimia antara lain adalah saponin, flavonoid, dan tannin. Berdasarkan farmakologis akar tanaman ginseng jawa juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang bersifat androgenik. Senyawa androgenik yang berhasil diidentifikasi dari akar tanaman ginseng jawa adalah stigmast 5-en3-ol atau disebut juga senyawa B-sitosterol yang termasuk dalam golongan sterol tumbuhan.

Mengutip Herbpathy.com, Saponin sendiri berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanser, mengikat kolesterol, dan bersifat antibiotik. Sementara senyawa Flavonoid mempunyai fungsi sebagai antibakteria, antiinflamasi, antialergi, antimutagenik, antivirus, antineoplastik, antitrombosis, antioksidan, dan aktiviti vasodilatasi. Sedangkan Tannin mempunyai aktiviti biologi sebagai pengkelat ion logam, agen penggumpal protein dan antioksidan.

3.  9 Manfaat Ginseng Jawa

Sebagai salah satu tanaman herbal, ginseng jawa diolah baik untuk campuran ubat kimia maupun herbal. Ada sekian banyak manfaat ginseng jawa yang berguna bagi kesihatan tubuh serta mengubati penyakit. Umumnya, bahagian tanaman ginseng jawa yang dapat digunakan sebagai ubat adalah akar dan daunnya. Berikut rangkuman manfaat ginseng jawa yang perlu Anda ketahui.

1. Manfaat Ginseng Jawa: Sebagai Tonikum

Ginseng jawa kerap diolah menjadi tonikum. Tonikum adalah obat berupa minuman berwarna dan berasa anggur, yang dikonsumsi untuk memulihkan atau menambah tenaga (kekuatan) bagi orang yang kondisi badannya lemah, kurang darah, dan sebagainya.

2. Manfaat Ginseng Jawa: Kebugaran Tubuh

Di tengah cuaca yang tak menentu, menjaga kebugaran adalah hal utama yang harus diperhatikan. Selain dibarengi dengan olahraga teratur dan gemar makan sayur-buah, mengonsumsi air rebusan ginseng jawa yang telah dimasak bersama teh juga berkhasiat agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah terserang virus.

3. Manfaat Ginseng Jawa: Menghilangkan Lelah

Setelah beraktiviti sehari penuh, biasanya tubuh akan memberi sinyal lelah. Segera beristirahat dan minum teh yang telah dicampur dengan irisan akar ginseng jawa untuk mengembalikan stamina.

4. Manfaat Ginseng Jawa: Menghilangkan Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang akrab dirasakan banyak orang adalah pusing. Sebenarnya, kepala pusing bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu kondisi perubahan tubuh atau penyakit tertentu. Oleh kerananya, ketimbang meminum ubat kimia, akan lebih baik jika meredakan pusing dengan mengunyah akar ginseng jawa kering yang telah direbus agar empuk.

5. Manfaat Ginseng Jawa: Meredakan Batuk Berkahak

Cara yang sama boleh Anda lakukan apabila tengah mengalami batuk berkahak. Segerakan meminum air rebusan akar ginseng jawa atau mengunyahnya. Dijamin, batuk berkahak Anda akan mereda dalam waktu singkat.

6. Manfaat Ginseng Jawa: Mengubati Radang Paru paru

Radang paru-paru merupakan penyakit serius, terutama bila menyerang bayi dan anak kecil, anak dengan malnutrisi, dan anak dengan gangguan imunologis. Infeksi bakteria merupakan penyebab radang paru-paru paling umum. Bakteria yang menyebabkan terjadinya radang adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae. Sedangkan virus yang paling sering menyebabkan kondisi ini adalah respiratory syncytial virus (RSV), rhinovirus, dan virus influenza.

Oleh kerananya, apabila Anda mengidap radang paru, mengonsumsi ginseng jawa boleh jadi salah satu alternatif. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada doktor terkait dos yang boleh digunakan.

7. Manfaat Ginseng Jawa: Mengatasi Diare

Diare adalah gangguan pencernaan yang paling sering terjadi, baik kepada bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dan lansia. Penyebab diare boleh jadi lantaran intoleransi terhadap makanan seperti laktosa dan fruktosa, maupun karena infeksi bakteria, virus, atau parasit.

Selain dengan meminum ubat untuk mengatasi diare, Anda juga boleh mencoba cara herbal yakni dengan meminum air rebusan akar ginseng jawa sebanyak 30-60 gram. Untuk diingat, sebelum direbus, akar ginseng jawa segar harus dikukus terlebih dahulu.

8. Manfaat Ginseng Jawa: Melancarkan Haid

Menstruasi atau haid dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu haid dikelompokkan tidak lancar bila lamanya haid berubah-ubah setiap bulannya. Guna melancarkan haid, Anda boleh mempraktekkan resepi ginseng jawa yang sama dengan mengatasi diare.

9. Manfaat Ginseng Jawa:  Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu

Air susu ibu (ASI) adalah cairan berharga yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi sejak lahir hingga berusia dua tahun. Oleh kerananya, pada kes ibu yang mengalami masalah produksi ASI, disarankan untuk mengonsumsi daun ginseng jawa sebagai lauk sayuran. Semak resepi “tumis daun ginseng jawa jagung manis” yang patut dicuba:

Bahan-bahan:

    1 ikat daun ginseng jawa, dicuci dan disiangi

    1 buah jagung manis, dicuci lalu disisir

    5 siung bawang merah

    3 siung bawang putih

    1 sdm mentega

    Garam secukupnya

    Gula pasir secukupnya

Cara memasak:

    Haluskan bawang merah dan bawang putih

    Panaskan mentega di atas api sedang kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum

    Masukkan jagung manis yang telah disisir kemudian tumis sampai matang

    Beri garam dan gula sesuai selera

    Masukkan daun ginseng jawa dan aduk rata hingga layu

    Segera angkat dan sajikan di atas piring selagi hangat

7. Cara Menanam Ginseng Jawa di Rumah

Tertarik untuk menanam ginseng jawa di rumah? Jangan khawatir, cara menanam ginseng jawa di rumah ternyata cukup mudah namun perlu ketelitian. Untuk cara yang lebih praktikal, pilih menanam ginseng jawa dengan metod stek batang. Langkah awal, beli bibit tanaman ginseng jawa yang akan dilakukan stek batang, dengan memastikan bahawa anak benih berasal dari tanaman induk yang sudah matang dan sihat.

Setelah dibeli, ada baiknya simpan anak benih terlebih dulu selama tiga hari di ruangan dengan suhu yang cukup lembap. Kemudian potong di bahagian pangkal batang dengan bentuk potongan miring. Selanjutnya terkait tahap-tahap menanam ginseng jawa di rumah boleh diikuti melalui cara berikut:

Siapkan media tanam untuk tanaman ginseng jawa, boleh pot atau polybag yang telah dilubangi bahagian bawahnya.

Siapkan juga tanah gembur yang kaya nutrisi, pupuk kandang, arang sekam, sekop, dan air bersih.

Kemudian campurkan tanah gembur, pupuk kandang, dan arang sekam, dengan perbandingan 1:1:1. Masukkan campuran tersebut ke dalam pot atau polybag hingga mencapai ketinggian 15 cm. Buat lubang pada bahagian tengahnya dan tancapkan batang ginseng jawa.

Masukkan lagi campuran tanah dan pupuk kandang, lalu padatkan tanah hingga batang berdiri tegap dan siram dengan air secukupnya.

Agar boleh dipetik secara maksimal, tanaman ginseng jawa harus mendapat perawatan intensif. Terutama, siram anak benih secara rutin setiap harinya sebanyak dua sampai tiga kali per hari. Jangan melebihi batas tiga kali agar tanaman tidak busuk dan rusak. Seiring bertambahnya usia tanaman, kurangi frekuensi penyiraman saat sudah memasuki usia 3,5 bulan.

Tanaman ginseng jawa juga memerlukan perawatan tambahan yakni dipupuk dua minggu sekali. Pupuknya boleh cair atau padat. Pastikan juga tanaman terhindar dari parasit yang mengganggu pertumbuhan seperti gulma atau tanaman liar yang ada di sekitar tanaman. Perhatikan juga adanya penyakit yang dapat menyerang ginseng jawa, seperti busuk leher batang, busuk umbi, dan penyakit layu daun.sumber Rujukan


0 Comments:

Post a Comment