28 Januari 2017

Badrul Tamam
Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.
Diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu 'Anha,
أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَبَّلَ بَعْضَ نِسَائِهِ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى اَلصَّلَاةِ وَلَمْ يَتَوَضَّأْ
“Bahwasanya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah mencium sebagian isterinya lalu beliau pergi shalat dan tidak wudhu’ lagi.” (HR. Ahmad)

Dalam riwayat lain di Musnad Ishaq dari Ur'wah, dari 'Aisyah bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam  pernah menciumnya dan berkata, "Sesungguhnya ciuman itu tidak batalkan wudhu'."
Terjadi khilaf tentang keshahihan hadits ini di kalangan para ulama. Ada yang mendhaifkan, ada yang menguatkan dan menshahihkannya...

19 Januari 2017

SIAPAKAH lelaki paling tampan? Jika ada pertanyaan demikian, pasti kita akan menjawab bahawa Nabi Yusuf Alaihis Salamlah lelaki paling tampan di muka bumi ini. Ya, sebab telah dikatakan dalam suatu riwayat bahawa beliau-lah yang paling tampan. Tapi, apakah hal itu benar?

Dalam konsultasisyariah.com dijelaskan bahawa ulama berbeza pendapat tentang siapakah lelaki yang paling tampan.

Pendapat pertama, yang paling tampan adalah Nabi Yusuf. Di antara dalilnya adalah ayat, “Tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata, ‘Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia’,” (QS. Yusuf: 31).

Dan hadis dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, dimana Nabi ﷺ bersabda, “Yusuf diberi setengah ketampanan,” (HR. Ahmad 14050 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Disebutkan pula dalam hadis riwayat muslim, Nabi ﷺ menceritakan peristiwa Isra Mi’raj yang beliau alami. Ketika beliau di langit ketiga, beliau bertemu dengan Yusuf. Komentar Nabi ﷺ ketika ketemu beliau, “Di sana saya bertemu Yusuf Alaihis Shalatu was Salam, ternyata beliau diberi setengah ketampanan,” (HR. Muslim 429).

Ibnul Qoyim menjelaskan makna hadis, “Kesimpulan yang boleh dipahami dari hadis bahwa Yusuf ‘Alaihis Salam secara khusus memiliki setengah ketampanan semua manusia. Sementara setengah setampanan sisanya terbagi pada semua manusia lainnya,” (Badai al-Fawaid, 3/723).

Kedua, orang yang paling tampan adalah Nabi Adam ‘Alaihis Salam. Di antara dalil yang ...

14 Januari 2017

Riyadh – Seorang pilot Arab Saudi mengungkap alasan sebenarnya pesawat tidak boleh melintas di atas Ka’bah di Masjid Haram, Makkah. Bukan kerana adanya gelombang magnet, seperti digambarkan oleh sejumlah media Barat, namun lebih untuk melindungi para jamaah umrah dan haji.

Seperti disiar dari portal TV orient-news.net, Jumat (13/01/17), pilot sekaligus pemerhati urusan penerbangan bernama Hasan Al-Ghamidi itu membantah informasi salah yang selama ini ramai beredar di sosial media.

Ghamidi menegaskan dalam rakaman video yang diunggahnya di Facebook bahawa larangan terbang di atas Masjid Al-Haram bukan kerana adanya gelombang magnet yang terpancar dari Ka’bah. Dan juga, bukan kerana adanya ruangan hampa di atas kiblat umat Islam itu.

Dia menjelaskan, sebab sebenarnya pesawat dilarang melintas di atas Masjid Al-Haram kerana posisi kota Makkah yang berada di wilayah pegunungan. Hal itu menyebab suara yang ditimbulkan mesin pesawat memantul boleh menimbulkan efek buruk bagi para jamaah umrah dan haji.

Sebab lain, imbuhnya, kerana di dalam pesawat yang melintas sangat memungkinkan ada penumpang non muslim. Dalam Al-Quran disebutkan, non muslim tidak boleh memasuki wilayah Makkah dan Madinah. orient-news.net/kiblat

06 Januari 2017


Badan antariksa Amerika Syarikat pada 2013 mengungkap bahawa air di wilayah Timur Tengah mengalami pengurangan atau mengering. Berkurangnya air ini dipelajari mulai Januari 2003 hingga Desember 2009 dengan memanfaatkan satelit Gravity Recovery and Climate Experiment (GRACE).

Disiar Nasa.gov, Khamis (5/1/2017), ilmuwan di University of California, NASA Goddard Space Flight Center, National Center for Atmospheric Research, menemukan selama periode tujuh tahun yang dimulai 2003 bahawa bahagian dari Turki, Syria, Iraq, dan Iran sepanjang sungai Tigris dan Eufrat mengalami kehilangan 144 kilometer kubik dari jumlah air tawar yang tersimpan.

“Data GRACE menunjukan tingkat yang mengkhawatirkan dari penurunan total penyimpanan air di lembah sungai Tigris dan Eufrat,” kata Jay Famiglietti, peneliti utama di UC Irvine.....

01 Januari 2017

Sebelum ini banyak berita beredar di masyarakat tentang bahaya makan daging kambing. Benarkah demikian?

Seperti diketahui, daging kambing merupakan daging merah yang paling banyak dimakan di dunia. Daging kambing yang awalnya dinilai merupakan makanan utama di Timur Tengah, Afrika Utara, dan budaya Karibia kini telah merambah ke Amerika serta Eropah.  Meski lazat, ramai orang justru menghindarinya karena beredarnya mitos makan daging kambing berbahaya.

Rasulullah Suka Daging Kambing.....

;;