27 Februari 2017

 Lebih dari 500 masjid dirosakan dan 150 imam di culik oleh kelompok pemberontak Syiah Houthi di Yaman, sejak dimulainya upaya rampasan kuasa tentera terhadap Presiden Abed Rabbo Mansur Hadi pada awal tahun 2015.

Jumlah total masjid yang dirusak dan hancur oleh pemberontak Syiah Houthi dan militan setia Presiden Ali Abdullah Saleh mencapai angka 578 masjid di Yaman, seperti disiar surat khabar Arab Saudi Okaz dalam terbitannya akhir minggu lalu.

Tidak hanya menculik para imam, di sejumlah tempat pemberontak Syiah Houthi dilaporkan mewajibkan para imam menggunakan slogan sektarian untuk menghasut membunuh, menghancurkan bangunan serta huru hara di Yaman.

Selain tempat ibadah, pemberontak Syiah Houthi juga menghancurkan 16 sekolah mengajar Qur’an dan 16 sekolah agama, serta menjadikan 146 masjid seabgai pangkalan tentera dan gudang senjata.

Sementara sekutunya militan pro-Saleh diduga telah merusak 84 masjid selama tiga tahun terakhir, dimana sedikitnya 12 masjid telah dijarah, sementara 5 lainnya menjadi sasaran tembakan. (sumber)

0 Comments:

Post a Comment