26 April 2016

7 Aplikasi yang melambatkan HP anda

Android lambat memang boleh menjengkelkan, padahal RAM sudah lumayan besar dan aplikasi hanya sedikit saja yang di-install. Dan itu terjadi tidak hanya di smartphone yang kelas low end saja, HP canggih-pun juga mengalami hal yang serupa. Lantas, apa penyebabnya?

Kadang, tanpa disadari kita banyak menginstall aplikasi dari Google Playstore ataupun dari internet. Aplikasi tersebut selain banyak makan RAM juga menyebabkan bateri kita boros. Lebih menyesakkan lagi, aplikasi tersebut juga memakan banyak kuota internet.

Memangpun banyaknya aplikasi yang kita install membantu meringankan komunikasi dan pekerjaan kita. Tapi kita juga harus tahu efeknya, alangkah baiknya kalau kita meng-install aplikasi yang benar-benar penting tanpa harus menghambat pekerjaan kita. Dengan begitu, HP android kita tetap lancar dan tetap bagus kinerjanya.

Maka dari itu, ada 7 aplikasi di android yang harus dihapus agar tidak berjalan lambat atau lemot.

1. Facebook

Tentu kita sudah tahu semua, aplikasi media sosial Facebook saat ini berkembang dengan sangat cepat. Dengan adanya aplikasi ini, kita dipermudah untuk bisa berkomunikasi dengan siapapun dan kapanpun dan di manapun.

Tapi ternyata aplikasi Facebook inilah yang harus pertama kali kita hapus dari android kita. Kenapa?

Karena, selain Facebook mempunyai kapasitas memori yang lumayan besar, yaitu 40 MB. Juga menyediakan banyak fitur dan notifikasi yang muncul setiap saat. Hal ini membuat kapasitas memori internal kita semakin penuh dan sudah pasti ini juga berdampak pada borosnya penggunaan baterai.

Tapi jangan khawatir, jika memang Anda adalah orang yang tidak bisa lepas dari dunia sosial media, alangkah baiknya menggunakan alternatif browser yang lebih kecil ukurannya dan tidak banyak memakan RAM. Sehingga chatting-an kita di sosial media tetap lancar dan android kita juga tidak berjalan lambat.

Anda bisa menggunakan bisa menggunakan UC Browser Mini Atau Opera Mini. Karena kedua browser ini terkenal ringan dan tidak banyak memakan memori internal.

2. Aplikasi Widget Cuaca


Aplikasi Widget Cuaca memang membantu kita untuk mengetahui keadaan cuaca saat ini. Namun update prakiraan cuaca setiap waktu ternyata membuat baterai kita semakin boros, terlebih jika kita menampilkan widget-nya di layar home. Jadi alangkah baiknya widget semacam ini di Uninstall maupun di-disable.

Jika memang terpaksa ingin mengetahui update cuaca saat ini, alangkah baiknya memanfaatkan Google di browser Anda. Caranya ketikkan “Weather” dan otomatis akan langsung memperlihatkan perkiraan cuaca saat ini. Cara ini jauh lebih praktis, sehingga akan lebih hemat kuota, baterai, dan memori internal.

3. Facebook Messenger

Aplikasi messenger satu ini juga memakan banyak RAM, kuota, dan mengahabiskan banyak baterai, sehingga menyebabkan android kita berjalan lambat. Karena dengan aplikasi ini setiap saat kita akan selalu terhubung dengan teman-teman Facebook.

Untuk alternatifnya supaya kita tetap bisa chatting dengan teman-teman Facebook, gunakanlah browser yang ada di HP Anda, bisa dengan UC browser ataupun Opera Mini.

4. Anti Virus

Perlu gak sih kita meng-install Anti Virus di android? Jawabannya sebenarnya relatif dan tergantung kebutuhan. Ketika kita hanya menggunakannya sebagai chatting atau alat komunikasi sehari-hari dan lainnya, sebenarnya tidak perlu. Kenapa tidak perlu, karena android menggunakan base Linux yang sifatnya Open Source sehingga sangat kecil virus akan masuk. Tapi, bukan berarti lho tidak ada virus di android.

Tetapi saat kita menggunakan android untuk bertransaksi keuangan ataupun bisnis, di sinilah antivirus itu perlu. Karena virus di android kebanyakan bersifat finansial seperti pencurian kartu kredit dll. Jika terpaksa harus mengguanakan anti virus, silahkan cari anti virus yang sudah terkenal efektivitasnya, seperti, AVG, Eset, Avast, Bit Defender dan lainnya.

Karena anti virus biasanya memiliki kapasitas yang lumayan cukup besar dan dapat memakan baterai yang sangat banyak, alangkah baiknya kita Uninstal jika tidak dibutuhkan.

5. Aplikasi Pembersih dan Peningkat Kinerja

Banyak sekali aplikasi pembersih dan peningkat kinerja yang kadang tanpa kita sadari malah menimbulkan masalah baru. Memang aplikasi seperti CC Cleaner, Speed Boster, Clean Master membuang Cached Data (sampah) pada android kita. Tapi rupanya juga menyisakan ‘sampah’ yang tersembunyi dan memakan memori kita serta juga menyebabkan baterai kita boros.

Untuk menghapus cache dan sampah bisa gunakan cara manual, dan ini justru lebih aman. Caranya masuk ke “settings” lalu “downloaded”, kemudian tekan salah satu aplikasi selanjutnya tekan “Clear Cache”.

6. Browser Bawaan

Android biasanya sudah menyediakan browser bawaan seperti Google Chrome. Dan aplikasi bawaan dari Chrome ini terasa berat dan banyak memakan kuota Internet kita. Untuk alternatifnya bisa menggunakan browser ringan seperti Opera Mini dan UC Browser karena bisa menghemat lebih dari 90% penggunaan data.

7. Aplikasi Bawaan

Kalau kita melihat, sebenarnya banyak sekali aplikasi yang tidak kita gunakan dan terpasang sia-sia, dan ini salah satu penyebab android kita kehabisan memori dan berjalan semakin lambat. Untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut diperlukan akses Root, dan tentu ada dampak positif dan negatifnya. Untuk keterangan lebih jelas mengenai Root HP Android, silahkan cari artikel di Google, karena sudah banyak sekali yang membahas soal itu.

Penulis: Furqan Amrullah/KIBLAT.NET –

0 Comments:

Post a Comment