12 Februari 2016

Teheran – Pemerintah Iran berencana menjual minyak mentah ke Asia bulan March besok jauh lebih rendah dari rata-rata harga minyak terendah yang dijual Arab Saudi sejak 2008. Iran ingin merebut kembali panguasaan pasaran menyusul pencabutan sekatan ekonomi oleh internasional, (Reuter Arabic, Khamis 11/02/16).

Seperti diketahui, Iran meningkatkan produksi minyak mentah hingga 500 ribu barel perhari menyusul pencabutan sekatan ekonomi yang menderanya selama bertahun-tahun. Iran kembali membangun hubungan dagang dengan negara-negara internasional, termasuk hubungan jual beli minyak.

“Kini, setelah pencabutan sekatan ekonomi kami ingin membuat harga minyak mentah lebih menarik,” kata sumber Reuters....


Iran berencana menjual minyak mentah ke pelanggannya di Asia jauh lebih murah dari harga Saudi. Di kuartal pertama 2016 ini, Iran mencanangkan menurunkan minyak mentah hingga 10% di bawah rata-rata harga minyak terndah dari Timur Tengah. Bahkan, sumber lainnya menyebutkan penurunan harga tersebut mencapai 20%.

Saat ini, Iran menentukan harga minyak mentahnya sekitar 2,60 dolar per barel, di bawah rata-rata harga minyak Oman dan Dubai. Penurunan ini dilakukan setelah Saudi menaikkan harga minyak .

Kebijakan Iran ini secara tidak langsung mempengaruhi rivalnya, Arab Saudi, yang menjadi pemabekal minyak internasional terbesar. Ketegangan kedua negara terus meningkat seiring perkembangan situasi di kawasan.[.kiblat.net]


0 Comments:

Post a Comment