06 Januari 2016

Memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan pemerintah Syiah Teheran, Kerajaan Arab Saudi kembali bertindak tegas dengan melarang adanya penerbangan dari dan ke Iran, sebagai bentuk protes keras atas pembakaran pejabat kedutaan dan konsulat mereka pada akhir minggu lalu.

Tidak hanya sampai disana, pihak Kerajaan Saudi dikhabarkan tengah menyiapkan minyak mereka sebagai senjata andalan dalam perang dingin antara kelompok Islam Sunni dan Syiah di era abad modern saat ini....


Seberapa besar cadangan minyak dan kekuatan tentera Saudi? Berikut penelusuran tim redaksi untuk pembaca setia Eramuslim;

Jumlah Prajurit

Dengan jumlah penduduk sebanyak 30 juta jiwa, Kerajaan Arab Saudi hanya memiliki 25 ribu prajurit aktif yang mengamankan seluruh wilayah dengan luas mencapai 2 juta kilometer persegi.

Jumlah Cadangan Minyak

Kerajaan Arab Saudi memiliki cadangan minyak mentah mencapai 264 miliar barel.

Pelabuhan

Hanya ada 3 pelabuhan di wilayah Kerajaan, dan Jeddah menjadi pelabuhan utama di Arab Saudi.

Persenjataan

Banyak mengandalkan pembelian senjata dari negara luar, Kerajaan Arab Saudi memiliki 1.210 tank berbagai jenis, 5.472 kendaraan lapis baja, 5.972 pucuk senjata, 524 altileri berat, 322 rudal.

Di udara Kerajaan Arab Saudi memiliki 1.066 pesawat tempur yang kebanyakan buatan Amerika, 187 pesawat pengangkut, 182 helikopter, 18 helikopter tempur.

Sedangkan di laut, Saudi hanya memiliki 55 kapal perang, 7 kapal frigat, 4 kapal pencegah rudal, tanpa memiliki kapal selam. (EM)

0 Comments:

Post a Comment