27 November 2015

Sekotak penuh koin emas  ditemukan pada Isnin (23/11/2015) saat pekerjaan konstruk berjalan di lingkungan Sujaiyah,  Kota Gaza.

Peti berisi emas tersebut ditemukan seorang pekerja penggali ketika sedang mengaspal jalan di Baghdad Street, kawasan Daerah Sujaiyah.

Sejumlah pengamat artefak memprediksi bahawa koin emas tersebut berasal dari zaman keemasan Bizantium, jauh sebelum Islam tersebar ke wilayah Palestin.

Koin-koin emas asal tersebut dinilai penemuan purbakala yang mengejutkan.....


Dikutip dari situs Algemeiner, bahwa sebuah perkelahian sempat terjadi di antara penduduk area tersebut terkait koin emas ini, yang kemudian mereda setelah polisi yang dikontrol oleh Hamas turun tangan.

Dilaporkan bahwa polisi telah menyita koin dan benda-benda purbakala lainnya.

Dr Nihad Mughani, Direktur Umum Teknik dan Perencanaan Kota Gaza, mengatakan dalam pernyataan konferensi pers bahwa koin tersebut dan benda arkeologi lainnya, yang digali secara tidak sengaja di lingkugan Sujaiyah, disebut ada sejak era Kesultanan Usmaniyah.

Ia menyatakan bahwa Kota Gaza mengumumkan penghentian semua pekerjaan konstruksi sampai para ahli arkeologi dapat memeriksa tempat tersebut dengan benar.*http://www.hidayatullah.com

0 Comments:

Post a Comment