11 Februari 2015

KEHADIRAN kutu rambut di kepala boleh membuat orang merasa terganggu. Mungkin mengganggu penampilannya, atau mengganggu konsentrasi akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Di samping itu, parasit ini pun memiliki kemampuan reproduksi yang tinggi.

Untuk menghilangkan kutu rambut, banyak ubat kimia dijual bebas di klinik dan farmasi. Namun bagaimana cara menghilangkan kutu rambut secara alami?

Berikut ini cara-cara alami yang boleh Anda lakukan untuk menghilangkan kutu rambut yang aman dan menyehatkan bagi rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan cara menghilangkan kutu rambut yang efektif. Minyak ini dapat membuat kutu menjadi dehidrasi dan lemas.

Caranya :...


Sapukan minyak kelapa secara merata pada kepala dan rambut, lalu picit pelahan. Diamkan beberapa waktu, lalu keramaslah untuk membersihkannya.
Kemudian sisirlah rambut dengan menggunakan sisir serit (sisir yang amat rapat) agar kutu dan telur terlepas dari rambut.
Lalukan berulang kali sampai tidak ada lagi kutu dan telur di kepala.

2. Minyak zaitun


Minyak zaitun (olive oil) memiliki khasiat yang amat baik bagi rambut. Selain bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut dengan mengikuti cara pada penggunaan minyak kelapa, minyak zaitun juga berkhasiat untuk memberikan nutrisi bagi rambut agar tetap hitam berkilau, kuat dan tidak mudah patah.

3. Jeruk nipis dan minyak kayu putih

Caranya :

Campurkan air perasan jeruk nipis dengan beberapa sendok minyak kayu putih
Siramkan secara merata ke kulit kepala dan rambut
Pijatlah secara lembut kulit kepala selama 10 menit
Diamkan selama 1 jam sebelum keramas.
Kemudian sisirlah dengan dengan sisir khusus, lakukan setiap hari hingga kutu benar-benar lenyap dari kepala.
4. Memangkas rambut

Tidak dapat dipungkiri, memangkas rambut merupakan cara menghilangkan kutu rambut yang paling praktis. Bila kutu tersebut sudah demikian sulit diatasi, tidak ada salahnya mencukur rambut hingga botak, tentu hal ini hanya bisa diterapkan pada anak laki-laki. Tapi perlu diingat, tidak semua anak laki-laki suka berpenampilan plontos.

Bagi anak perempuan, memotong pendek rambut tentu lebih memudahkan untuk melakukan pembersihan pada rambut dan kulit kepala.

Sumber: copypaste

0 Comments:

Post a Comment