30 Jun 2014

Soalan : Apa hukum orang yang berpuasa tapi meninggalkan solat? Apakah puasanya sah?

Jawab : Yang benar, bahwa orang yang meninggalkan solat dengan sengaja hukumnya kufur akbar. Puasa dan ibadah-ibadah lainnya tidak sah sampai ia bertaubat kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala. Hal ini berdasarkan firman-Nya,
“Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” (Al-An’am: 88)

Dan berdasarkan ayat-ayat serta hadis-hadis lain yang semakna.
Sebagian ulama menyatakan bahwa hal itu tidak menyebabkannya kafir dan puasa serta ibadah-ibadah ...

29 Jun 2014

 SYAM memang mempunyai sejarah, bukan hanya bagi umat Islam, tetapi juga Kristian(Eropa) dan Yahudi (‘Israel’). Bagi umat Islam, Syam adalah bumi penuh berkah. Di sana tempat para Nabi dan Rasul diutus oleh Allah.

Di sana, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam diperjalankan dan dimi’rajkan ke Sidratil Muntaha. Bagi umat Kristian, wilayah Syam, dahulu adalah bahagian dari imperium Romawi Timur, Bizantium. Sementara bagi umat Yahudi, Syam juga didakwa menjadi tempat suci mereka, dimana menurut mereka, Haikal Sulaiman berada di sana.

Bisyârah jatuhnya Syam ke tangan kaum Muslim ditunjukkan oleh Allah sejak Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dilahirkan. Saat Nabi lahir, cahaya terpancar mengiringi kelahirannya. Cahaya itu menerangi istana-istana Syam.

Peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Masjidil Haram, di Makkah, ke Masjid al-Aqsha, di Palestin, serta ditunjuknya beliau untuk menjadi imam para Nabi dan Rasul sebelumnya di Masjid al-Aqsha juga menguatkan Bisyârah itu. Setelah itu, Nabi pun berulangkali menegaskan, “Uqru dar al-Islam bi as-Syam (Pusat negara Islam itu ada di Syam).”

Perang Salib Modern...lagi..S-O L:

28 Jun 2014

Seorang pegawai tinggi di Jamaah Daulah Islam Irak dan Syam atau Islamic State of Irak and the Sham (ISIS), Abu Bakar Al Janabi mengatakan bahwa operasi peperangan yang dilakukan oleh Daulah melawan pasukan pemerintahan untuk menguasai Mosul, ia mengatakan bahwa mantan wakil perdana menteri ‘Izzat Ibrahim Ad Duri “bekerjasama dengan kami untuk mencapai tujuan yang sama, dan hingga kini ia tidak melakukan tindakan apapun yang menyebabkan keraguan pada kami, namun posisi Daulah ada di atas angin”.

Dalam sebuah pertemuan khusus, Al Janabi berkata : “Yang bekerjasama dengan kami dalam penyerangan adalah pasukan Naqsabandiyah, Jaisy Mujahidin, Jaisy Islami”. Ia mengatakan bahwa Daulah bersama-sama mereka menjadi “satu kesatuan yang besar” dan “kami bekerjasama dengan mereka”.

Ia mengatakan bahwa kalangan Naqsabandiyah dan Parti Ba’ts Iraq berbeda dengan Ba’ts yang ada di Syria yang tidak faham Islam. Ba’ts Iraq percaya akan ideologi Arabisme dan penaklukan-penaklukan Islam, mereka menjalankan agama Islam, mereka menunaikan shalat dan menjalankan puasa, kebalikan dari yang ada di Suriah.

Ia berkata : “Pihak-pihak lain yang sebelumnya memerangi Daulah kini mulai bergabung dengan kami, seperti Anshar Islam”. Ia menambahkan bahwa komandan-komandan yang berada di Daulah Islamiyyah kebanyakan adalah para komandan militer veteran yang memiliki koneksi dengan mantan komandan lainnya sehingga dapat lebih memudahkan urusan (penaklukan)....lagi

27 Jun 2014


25 Jun 2014

Berdosakah Tidak Berpolitik ?

SoalanSeorang figur dan imam besar sebuah jamaah menyatakan bahwa apabila tidak melakukan politik maka berdosa. Bagaimana penjelasan dari hal tersebut?

Jawaban
Saudara Sunari yang dimuliakan Allah swt
Sebagaimana telah dijelaskan dalam “Politik Menurut Kacamata Islam” bahwa politik berkaitan dengan Negara dan kekuasaan. Politik adalah upaya memperbaiki rakyat dengan mengarahkan mereka kepada jalan keselamatan di kehidupan dunia maupun akhirat serta mengatur urusan-urusan mereka....lagi

24 Jun 2014

3 kemungkinan bagi Video ini


1- kekejaman ini sebenarnya dilakukan oleh tentera Syiah Bashar Asad
2- Mungkin ada musuh dalam selimut di kalangan mujahiddin.
3- Jika betul ISIS yang melakukannya, maka benarlah bahawa ISIS adalah saki baki tentera ganas milik arwah Sadam Husin 

17 Jun 2014

BAWARE, SOMALIA (voa-i)  Disaat ribuan penggemar bola sepak turun di Brazil untuk Piala Dunia dan jutaan orang di seluruh dunia mengarahkan pandangannya untuk pesta bola sepak musim panas tersebut, di salah satu wilayah Somalia yang dikuasai mujahidin Al-Shabaab, para pejuang Islam juga ikut memainkan olah raga paling pepular di seluruh dunia itu namun dengan peraturan yang sedikit berbeza dan lebih Islami.

Seorang pemilik akaun dengan nama @Hamza_Afrika, menceritakan pengalamannya menyaksikan permainan yang dilakukan oleh para pejuang Islam di wilayah kekuasaan mereka.

Berikut kisah Hamza sebagaimana disiarkan laman Harar24....lagi

16 Jun 2014

Setidaknya ada empat orang dari para fans sepak bola piala Dunia ( piala Dunia 2014 di Brazil) yang telah memeluk agama Islam sebagai tanggapan yang dilakukan oleh dewan tinggi Para Imam dan Urusan Agama Islam di Brazil, dalam rangka mengenalkan Islam, sebagaimana yang dikatakan oleh salah satu da’i yang ikut terlibat dalam kempen tersebut di akaun jejaring resminya.
John Fontaine, menulis di akaun Facebooknya,”dua orang telah memeluk Islam selama hari-hari pertama piala Dunia di Brazil.”
Ia menambahkan,”dua orang tersebut telah mencari kebenaran selama bertahun-tahun, dan kami bertemu dengan mereka lalu kami perkenalkan dengan Islam hingga mereka menyatakan syahadat setelah meyakini bahawa agama ini (Islam) adalah memang Agama yang paling benar.”....lagi

13 Jun 2014

Yulian Purnama 
Islam adalah agama yang ilmiah. Setiap amalan, keyakinan, atau ajaran yang disandarkan kepada Islam harus memiliki dasar dari Al Qur’an dan Hadits Nabi shallallahu’alaihi wa sallam yang otentik. Dengan ini, Islam tidak memberi celah kepada orang-orang yang beritikad buruk untuk menyusupkan pemikiran-pemikiran atau ajaran lain ke dalam ajaran Islam.
Kerana pentingnya hal ini, tidak hairan apabila Abdullah bin Mubarak rahimahullah mengatakan perkataan yang terkenal:
الإسناد من الدين، ولولا الإسناد؛ لقال من شاء ما شاء
Sanad adalah bagian dari agama. Jika tidak ada sanad, maka orang akan berkata semaunya.” (Lihat dalam Muqaddimah Shahih Muslim, Juz I, halaman 12)
Dengan adanya sanad, suatu perkataan tentang ajaran Islam dapat ditelusuri asal-muasalnya.
Oleh kerana itu, penting sekali bagi umat muslim untuk memilah hadits-hadits, antara yang shahih dan yang dhaif, agar diketahui amalan mana yang seharusnya diamalkan kerana memang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam serta amalan mana yang tidak perlu dihiraukan kerana tidak pernah diajarkan oleh beliau.
Berkaitan dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, akan kami sampaikan beberapa hadits lemah dan palsu mengenai puasa yang banyak tersebar di masyarakat. Untuk memudahkan pembaca, kami tidak menjelaskan sisi kelemahan hadits, namun hanya akan menyebutkan kesimpulan para pakar hadits yang menelitinya. Pembaca yang ingin menelusuri sisi kelemahan hadits, dapat merujuk pada kitab para ulama yang bersangkutan.
Hadits 1
صوموا تصحوا
“Berpuasalah, kalian akan sehat.”

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Nu’aim di Ath Thibbun Nabawi sebagaimana dikatakan oleh Al Hafidz Al

11 Jun 2014


VATIKAN () - Peristiwa bersejarah itu dapat tercipta sebagai konsekuensi atas usulan Paus Fransiskus I setelah melakukan kunjungannya ke Palestin dan Israel. Hal ini dilakukan dengan tujuan mediasi perdamaian antara Israel dan Palestin dapat diwujudkan.

Al Arabiya.net merilis, akhir minggu kelmarin, Paus mengeluarkan undangan kepada Presiden Israel Shimon Peres dan Presiden Otoritas Palestin Mahmoud Abbas dalam kunjungannya ke Yordania, Israel, dan wilayah Palestin pada minggu lalu.

Pada rakaman berdurasi sekitar 7 minit itu juga tampak Paus Fransiskus, Presiden Peres, dan Presiden Abbas khidmat mendengarkan ayat suci.

Setelah acara tersebut, Paus menjelaskan, "pertemuan ini merupakan doa bersama bagi perdamaian di Tanah Suci (Yerusalem), Timur Tengah, dan di seluruh dunia," ujarnya seperti Liputan6.com kutip dari Turkishweekly, Selasa (10/6/2014)...lagi

Ada sebuah hadits marfu’ yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra tentang keberkatan poligami. Sa’id bin Jubair ia berkata, Ibnu Abbas pernah bertanya kepadaku, “Apakah kamu sudah menikah?” Aku menjawab, “Tidak.” Ia kemudian berkata, “Menikahlah, kerana orang yang terbaik dari ummat ini adalah seorang yang paling banyak Isterinya.” (HR.Bukhari no. 4681)


10 Jun 2014


Subhanallah, Allah memberikan hidayah memang boleh datang ke siapa saja bahkan untuk orang dengan latar belakang yang tidak disangka sama sekali. Kisah seorang Taki Kazawa, dari yang dulunya kerja tukang tato untuk Yakuza, beralih jadi imam masjid di Jepun.

Nama aslinya Taki Takazawa. Rambutnya gondrong dan tubuhnya dipenuhi tato. Secara penampilan, dia nampak mirip dengan anggota kelompok mafia Jepun, biasa disebut Yakuza. Dia memang mantan tukang tato para anggota geng paling ditakuti di Negeri Matahari Terbit itu. Selama 20 tahun profesion itu digelutinya.....lagi

Ulama, Politik dan Nahi Munkar

Oleh: Kholili Hasib

"Jika telah nampak fitnah agama, maka orang berilmu (alim) wajib menampakkan ilmunya” (HR. al-Hakim)
Ulama, bukan sebuah jawatan. Namun, wujud ulama merupakan amanah dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Amanah adalah kemampuan untuk menjaga (hafidz) dan menempatkan sesuatu pada tempatnya (‘adil). Kerana itu, aktifitinya mampu terlibat dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat; ekonomi, politik, budaya dan bidang-bidang fardhu kifayah lainnya.

Amanah, salah satunya dipraktikkan dalam bentuk amar ma’ruf nahi munkar. Menebar kebaikan, mencegah kemunkaran. Di sini, ulama tidak boleh diam. Dan haram mendiamkan kemunkaran. Persoalan besar sekarang, seruan ma’ruf telah banyak. Tapi masih minim peringatan terhadap yang munkar. Sehingga kerusakan makin mudah menyebar.....lagi

09 Jun 2014

Pesan Buya Hamka Untuk Orang PAS


Pesan Buya Hamka
Nasihat bagi mereka yang “takut atau terasa malu-malu” untuk menegakkan syariat Islam 
“Sebagai Muslim, janganlah kita melalaikan hukum Allah. Sebab, di awal surah Al-Maaidah sendiri yang mula-mula diberi peringatan kepada kita ialah supaya menyempurnakan segala ‘uqud (janji). Maka, menjalankan hukum Allah adalah salah satu ‘uqud yang terpenting diantara kita dengan Allah. Selama kita hidup, selama iman masih mengalir di seluruh saluran darah kita, tidaklah boleh sekali-kali kita melepaskan cita-cita agar hukum Allah tegak di dalam alam ini, walaupun di negeri mana kita tinggal. Moga-moga tercapai sekadar apa yang kita dapat capai. Kerana Tuhan tidaklah memikulkan beban kepada kita suatu beban yang melebihi dari tenaga kita. Kalau hukum Allah belum dijalankan, janganlah kita berputus asa. Dan kufur, zalim, fasiklah kita kalau kita pecaya bahwa ada hukum yang lebih baik daripada hukum Allah.....lagi

05 Jun 2014

Kajian terbaru mengenai perangkat teknologi informasi menunjukkan bahwa penggunaan berbagai gadget seperti komputer, tablet, dan ponsel pintar, pada malam hari dapat menyebabkan bertambahnya berat badan hingga kegemukan.

Penelitian yang dilakukan peneliti dari Universiti Northwestern di Chicago, Amerika Syarikat, itu menemukan adanya hubungan antara paparan cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone dan tablet dengan peningkatan rasa lapar.

Para peneliti mengatakan bahwa paparan cahaya yang dikeluarkan layar gadget dapat meningkatkan rasa lapar selama beberapa jam, dan bahkan meningkatkan rasa lapar walaupun pengguna sudah menyantap makanan.

Hal itu bererti membuat seseorang cenderung makan lebih banyak dan lebih mungkin untuk menambah berat badan....lagi

04 Jun 2014

Sahabat Voa Islam,

Mari kita renungkan sejenak.. "Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya." (QS.10:100)

Bagi orang orang muslim, berfikir itu adalah suatu kewajiban. Ayat diatas telah jelas jelas menyebutkan bahwa Allah memurkai manusia yang tidak menggunakan akalnya. Terdapat banyak sekali ayat ayat di Quran yang mengulang ulang kalimat ‘’kenapakah mereka tidak berpifir? kenapakah mereka tidak ingat? kenapakah mereka tidak mempergunakan akalnya?" dan demikian seterusnya. Kalimat ini sering dikombinasikan Allah dengan beberapa pertanyaan atau perumpamaan untuk menyentuh para pembacanya agar sering memikirkan tanda tanda kebesaranNya.....baca lagi

03 Jun 2014

ISLAMABAD : Tentera Amerika Syarikat bernama Bowe Bergdahl yang baru ini dibebaskan pejuang Thaliban merasakan kelembutan akhlak para Mujahidin yang telah menahannya selama lebih kurang limat tahun. Ia pun saat ini mulai menyukai teh hijau Afghanistan.

Berita AFP melaporkan, Ahad (1/6), dari perkataan seorang komandan pejuang Thaliban Pakistan, bahwa Bowe seakan hidup bukan sebagai tawanan selama berada di dalam tahanan pejuang. Ia mengajari para pejuang bermain bulu tangkis, bahkan ia dipersilakan menjalankan keyakinannya.

Komandan dari jaringan Haqqani tersebut, sebuah organisasi pejuang yang bekerjasama dengan Thaliban, menggambarkan bahwa Bowe merupakan seorang lelaki yang dapat dengan mudah menyesuaikan diri di kehidupan barunya itu. Ia dapat menyatu dengan para pejuang, sementara dia masih berpegang dengan keyakinannya.....lagi

01 Jun 2014

Oleh : Mustaqim Aziz
Sudah tabiat manusia tak pernah puas dengan apa yang saat ini dimilikinya. Selalu saja, ingin memiliki yang lebih dari sekedar yang dimilikinya saat ini. Ya, dunia memang akan terus menggoda siapa saja yang berada di dalamnya. Dunia menawarkan sejuta kenikmatan, yang dapat membuat manusia tergiur akan kelazatannya. Begitulah tipu daya dunia yang fana ini.

Kawan, mesti kita sedari bahwa semua yang ada di dunia ini pastilah akan sirna, termasuk kekayaan, populariti, juga segala hal lainnya yang ada di dalamnya, cepat atau lambat akan meninggalkan kita. Harta kekayaan, tak mampu menunda ajal yang datangnya sudah ditetapkan oleh Tuhan. Populariti pun tak dapat menjadi juru selamat tatkala malaikat maut datang menjemput. Semua yang kita miliki selama ini, tak akan selamanya dapat kita miliki ataupun kita pertahankan.
.....lagi

;;