01 Mei 2014

Dahulunya bangunan ini adalah  gereja, bangunan ini  dikonversi menjadi  masjid pada saat penaklukan mujahidin  atas  Kekaisaran Kristian Bizantium , dan kemudian bangunan ini dialihkan menjadi  muzium oleh pemerintah Turki Kemal Attarturk  yang sekular .  Bangunan itu adalah Hagia Sophia di Konstantinopel , yang dahulunya  gereja terkemuka dan termegah di seluruh dunia Kristian . Bangunan itu  kembali akan digunakan sebagai masjid sebagai  ciri  Islamisasi di negeri itu.

PM Erdogan merencanakan akan mengalihkan kembali sebagai Masjid dengan para pemimpin Islam lainnya dengan melakukan Sholat berjamaah di Masjid Hagia Sophia , ” berita dari Hurriyet Daily News , April 30, 2014 ....lagi


Sholat berjamaah  di Hagia Sophia  diselenggarakan sebagai bahagian dari acara menandai penaklukan Istambul oleh Kekhalifahan Ottoman yang akan dilakukan di  akhir Mei ini .

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan berencana untuk melakukan shalat di gedung yang bersejarah Hagia Sophia , bersama dengan para pemimpin negara-negara Islam lainnya , yang melambangkan kejayaan Islam yang menakhlukan kekuasaan Kristian di Barat.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Bulent Arinc  mengungkapkan harapannya untuk melihat Hagia Sophia , saat ini menjadi muzium , diubah kembali menjadi sebuah masjid di hari mendatang . Saran ini sangat dikutuk oleh Yunani , yang digambarkan sebagai sebuah ” penghinaan terhadap perasaan keagamaan jutaan orang Kristian . ” (Sumber)

0 Comments:

Post a Comment